Minggu, 24 Oktober 2010

ATURAN PENGAJARAN TPA PANGERAN DIPONEGORO


      Peraturan ini ditujukan untuk memenuhi keefektifan hasil dan waktu dalam system pengajaran TPA. Peraturan ini tentu saja adalah hasil dari kesepakatan bersama antara para wali kelas dan team penyusun kurikulum, sehingga hasil berikut dapat dilaksanakan bersama:

  1. Pelajaran membaca Al Qur’an, huruf – huruf hijaiyah dan hukum bacaan adalah merupakan pokok utama sehingga harus memenuhi beberapa syarat berikut:
-          Pada setiap pertemuan diharuskan ada pengajaran tersebut.
-          Jika tidak memungkinkan untuk mengadakan sesi tersebut maka minimal diadakan muroja’ah ( check hafalan ) selama 5 menit.
-          Pembagian tugas dan waktu untuk sesi ini adalah :
a.      1 Ustadz/ah memegang 5 santri untuk kelas A
1 Ustadz/ah memegang 5 santri untuk kelas B
1 Ustadz/ah memegang 4 santri untuk kelas C
1 Ustadz/ah memegang 3 santri untuk kelas D
b.      Masing – masing santri mendapatkan waktu 5 menit.
-          Standarisasi untuk penilaian pada sesi ini adalah :
                       B = Jika makhroj, panjang pendek, kelancaran adalah baik (perfect).
                       C = Makhroj dan panjang pendek kurang.
                       K = Kesalahan fatal dan harus diulang.

  1. Permainan diadakan hanya 1 bulan sekali pada hari jum’at minggu terakhir. Permainan ini juga harus efektif dan melatih daya pikir santri.

  1. Untuk setiap hari jum’at minggu 1,2 harus ada praktek sholat ataupun praktek wudhu kecuali hari jum’at minggu ketiga dan terakhir pada akhir bulan.

  1. Standarisasi pembagian waktu pada setiap pertemuan :
-          5 menit Pembukaan dan Absensi.
-          20 menit Classical 1.
-          40 menit Ngaji.
-          20 menit Classical 2.
-          5 menit Penugasan, Pengumuman dan Penutupan.
             Pembagian waktu ini dapat berubah sewaktu-waktu menurut kebutuhan waktu dan situasi di tempat.

  1. Kehadiran Asatidz harus 15 menit sebelum TPA dimulai.
  2. Kegiatan TPA harus dimulai pada pukul 16.00 WIB.
  3. Pemakaian seragam adalah pada hari senin dan rabu.
      
TARGET TIAP KELAS

ALI BIN ABI THALIB
1.      Target Pokok
A.    Santri dapat membaca Iqro’ dengan baik dan benar.
B.     Santri mengenal gerakan wudhu dan sholat
C.     Hafal 5 do’a sehari-hari
D.    Hafal 5 surat pendek.

2.      Target Penunjang
A.    Mengenal BCMI.

UTSMAN BIN AFFAN
1.   Target Pokok
A.  Santri mampu, gemar dan rajin membaca Al Qur’an dengan baik dan benar.
B.     Hafal bacaan sholat dan mampu mempraktekannya.
C.     Rajin berlatih dan melaksanakan sholat lima waktu ( termasuk wudhu).
         D.  Hafal 10 do’a sehari-hari dan terbiasa mengamalkannya.
B.     Hafal 13 surat pendek.
C.     Memiliki dasar-dasar aqidah yang benar dan Akhlakul karimah.

3.      Target Penunjang
A.    Mampu menulis huruf Alqur’an.
B.     Hafal 1 kelompok ayat pilihan.
C.     Mengenal bahasa arab.
D.    Mengenal BCMI.

UMAR BIN KHATAB
1.   Target Pokok
A.  Santri mampu, gemar dan rajin membaca Al Qur’an dengan baik dan benar.
D.    Hafal bacaan sholat dan mampu mempraktekannya.
E.     Rajin berlatih dan melaksanakan sholat lima waktu ( termasuk wudhu).
         D.  Hafal 10 do’a sehari-hari dan terjemah serta terbiasa mengamalkannya.
E.     Hafal 15 surat pendek.
F.      Memiliki dasar-dasar aqidah yang benar dan Akhlakul karimah.

4.      Target Penunjang
A.    Mampu menulis huruf Alqur’an.
B.     Hafal 2 kelompok ayat pilihan.
C.     Mengenal bahasa arab.
D.    Mengenal BCMI.

ABU BAKAR ASY SHIDIQ
1.   Target Pokok
A.  Khatam Tadarus Al Qur’an 10 juz pertama dengan baik dan benar.
         B.  Hafal 10 do’a sehari-hari dan terjemah serta terbiasa mengamalkannya.
C.  Hafal 18 surat pendek dan terjemahnya.
D. Memiliki dasar-dasar aqidah yang benar dan Akhlakul karimah.

5.      Target Penunjang
A.    Mampu menulis huruf Alqur’an.
B.     Hafal 3 kelompok ayat pilihan.
C.     Mengenal bahasa arab.
D.    Mengerti dasar-dasar ilmu tajwid  dan irama murottal/qiro’ah.
E.     Memahami siroh Nabawiyah.
F.      Memahami dasar-dasar ulumul qur’an
G.    Mengenalkan dengan MTT serta mengadaptasikan untuk menuju kesana.


KELAS A DAN B

No.
MINGGU KE-
HARI
KEGIATAN
Iqra’
Klasikal 1
Klasikal 2
1
Pertama
Senin
Ngaji
Hafalan
BCM/materi/khat
Rabu
Ngaji
Hafalan
BCM/materi/khat
Jum’at
Ngaji
Hafalan
Praktek sholat
2
Kedua
Senin
Ngaji
Hafalan
BCM/materi/khat
Rabu
Ngaji
Hafalan
BCM/materi/khat
Jum’at
Ngaji
Hafalan
Praktek wudhu
3
Ketiga
Senin
Ngaji
Hafalan
BCM/materi/khat
Rabu
Ngaji
Hafalan
BCM/materi/khat
Jum’at
Taman Gizi
4
Keempat
Senin
Ngaji
Hafalan
BCM/materi/khat
Rabu
Ngaji
Muroja’ah
BCM/materi/khat
Jum’at
Daurah Jasadiyah









KELAS C DAN D

No.
MINGGU KE-
HARI
KEGIATAN
Iqra’
Klasikal 1
Klasikal 2
1
Pertama
Senin
Ngaji
Hafalan
BCM/materi/khat
Rabu
Ngaji
Hafalan + Terjemah
BCM/materi/khat
Jum’at
Ngaji
Hafalan + Terjemah
Praktek sholat
2
Kedua
Senin
Ngaji
Hafalan
BCM/materi/khat
Rabu
Ngaji
Hafalan + Terjemah
BCM/materi/khat
Jum’at
Ngaji
Hafalan + Terjemah
Praktek wudhu
3
Ketiga
Senin
Ngaji
Hafalan
BCM/materi/khat
Rabu
Ngaji
Hafalan + Terjemah
BCM/materi/khat
Jum’at
Taman Gizi
4
Keempat
Senin
Ngaji
Hafalan
BCM/materi/khat
Rabu
Ngaji
Muroja’ah
BCM/materi/khat
Jum’at
Daurah Jasadiyah

0 komentar:

Posting Komentar