Minggu, 24 Oktober 2010

KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR


Kegiatan belajar mengajar yang talah kami laksanakan selama ini adalah:
1. Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) Indoor
            Kegiatan ini meliputi seluruh kegiatan belajar mengajar yang dilaksanakan  di dalam kelas (kegiatan TPA), dan kegiatan penyampaian materi secara formal.
      2. Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) outdoor
            Kegiatan ini merupakan kegiatan tambahan yang bersifat outdoor (dilakukan di luar kelas). Seperti : rihlah bersama, sepeda gembira, PeSTA (pentas selaksa takbir), jalan sehat, dsb. Kegiatan ini bertujuan untuk menunjang kegiatan indoor.
      3. Kegiatan Non KBM
            Kegiatan ini bertujuan untuk melaksanakan fungsi TPA sebagai alat pemersatu umat. Kegiatan yang dilakukan antara lain: silaturahmi ke orang tua/wali santri, silaturahmi ke TPA lain, pemeriksaan kesehatan gigi,  pembenahan fasilitas KBM, serta berpartisipasi dalam kegiatan yang dilakukan oleh instansi lain.
Kegiatan belajar mengajar di TKA/TPA ini terdiri atas empat kelas yang dibagi berdasarkan usia para santri. Keempat kelas tersebut adalah :
1. Kelas Ali Bin Abi Thalib
         Terdiri dari para santri yang berusia antara pra TK hingga TK. Kelas ini masuk tiga kali seminggu, yaitu pada hari Senin, Rabu, dan Jumat. Materi-materi yang diajarkan di kelas ini adalah pengenalan gerakan-gerakan shalat dan wudhu. Selain itu, para santri juga diajarkan untuk menghafalkan surat-surat pendek dan doa harian. Diajarkan pula kepada santri materi-materi tentang fiqh, sirah, dan khat, yang keseluruhan materi tersebut disampaikan dengan bahasa yang mudah ditangkap dan mudah untuk diamalkan oleh para santri.
2. Kelas Usman Bin Affan
Terdiri dari para santri yang berusia antara usia kelas 1 SD hingga kelas 2 SD. Kelas ini juga masuk sebanyak tiga kali seminggu, yaitu pada hari Senin, Rabu dan Jumat. Secara garis besar materi yang diajarkan tidak jauh berbeda dengan kelas Ali Bin Abi Thalib. Namun, di kelas ini tidak hanya dilakukan pengenalan saja. Tapi diikuti dengan pendalaman tentang materi tersebut. Dengan kata lain, materi yang diajarkan memiliki bobot yang lebih tinggi.
3. Kelas Umar Bin Khattab
Terdiri dari para santri yang berusia antara 3 SD hingga kelas 5 SD. Kelas ini juga masuk sebanyak 3 kali seminggu, yaitu pada hari Senin, Rabu dan Jumat. Di kelas ini sudah mulai diajarkan bahasa Arab level pemula dan mahfudzot (kata-kata mutiara dalam bahasa Arab) selain materi yang telah diajarkan di dua kelas sebelumnya.
4. Kelas Abu Bakar As Syidiq
Terdiri dari para santri yang berusia antara 6 SD hingga usia SMP. Kelas ini juga masuk sebanyak 3 kali seminggu, yaitu pada hari Senin, Rabu dan Jumat. Kelas ini merupakan lanjutan dari TKA-TPA atau dinamakan kelas TPA lanjutan. Di kelas ini untuk bobot materi sudah mulai lebih banyak dari kelas sebelumnya karena pada kelas ini sudah dipersiapkan untuk kelulusan / wisuda.
 
Dari keempat kelas tersebut, setiap kali pertemuan dimulai pada pukul 16.00 – 17.30 WIB. Setiap kali pertemuan memiliki durasi selama 90 menit. Dengan alokasi waktu sbb:
No.
Durasi waktu
Kegiatan
1.
5 menit
Pembukaan (doa dan presensi santri)
2.
20 menit
Klasikal pertama (hafalan, fiqh, tarikh, khat)
3.
40 menit
Iqra’ (baca Al-Qur’an)
4.
20 menit
Klasikal kedua (Bermain, Cerita dan Menyanyi)
5.
5 menit
Penutupan (doa, pengumuman)

0 komentar:

Posting Komentar